Sistem Kerja GPS Mobil

Rabu, 18 Januari 2017

Sistem Kerja GPS Mobil Jenis Tracker


Dalam menjalankan sistem kerjanya, GPS mobil jenis Tracker memerlukan suatu alat khusus yang dinamakan vechile tracking device. Perangkat ini bekerja melalui teknologi sensor GPS, sehingga dapat pelacakan terhadap posisi koordikat mobil tersebut termasuk arah dan tingkat kecepatannya.

Perangkat / Perabot yang Dibutuhkan


Agar alat GPS untuk mobil ini bisa difungsikan, masih dibutuhkan perabot lain berupa kartu GSM dan harus selalu diaktifkan di perangkat tersebut (GPS dan Simcard GSM).

Kartu inilah yang akan mengirimkan sinyal posisi dan menerima sinyal dari pengguna terhadap informasi posisi mobil.

Adapun caranya, pengguna tinggal melakukan hubungan baik dengan cara SMS atau miscall pada nomor GSM yang terpasang dalam vehicle tracking device (Unit GPS Tracker).

Beberapa saat kemudian akan muncul jawaban pada nomor ponsel pengguna dalam bentuk SMS (dengan balasan alamat langsung ataupun titik koordinat posisi yang langsung menuju link maps / peta dari perangkat Handphone ataupun PC/Laptop).

Jika sistem dan perangkat GPS mobil ini dilengkapi dengan aplikasi lain seperti Google Earth, pelacakan terhadap posisi kendaraan makin mudah dilakukan. Selain itu, dapat pula memakai media lain misalnya web monitoring.

koneksi gps tracker tracker disematkan simcard gsm untuk offline dan online
Perangkat GPS Tracker dan simcard GSM

Jadi penggunaannya tidak hanya dapat dilakukan dengan smartphone saja, namun juga bisa memakai komputer atau laptop yang dikoneksikan dengan sambungan internet. Hanya saja sebelum memakai web monitoring, pengguna GPS tracker harus menjalankan aktivasi web lebih dulu (baik dengan Paket Data Internet maupun Register pada Web Monitoring).

Sistem Kerja GPS Tracker


Bagi yang belum memahami mungkin akan berpikir bahwa sistem kerja GPS itu sangat rumit dan ruwet meski sebenarnya sangat sederhana. Setelah sensor GPS menerima sinyal, alat ini akan mengolah data dan memunculkannya kembali dalam wujud koordinat.

sistem kerja gps tracker kendaraan dan gps navigasi
Sistem Kerja GPS Tracker dan Navigasi

Oleh karena itu, agar bisa menerima sinyal dengan kuat, maka digunakan kartu GSM yang punya kemampuan lebih tinggi menjalankan tugasnya di berbagai area.

Setelah diolah perangkat, selanjutnya vehicle tracking device akan mengirimkan data tersebut melalui jaringan GPRS pada server. Pengiriman ini sebenarnya tidak harus memakai GPRS.

Namun jika tidak menggunakan GPRS, prosesnya tidak bisa berjalan dengan cepat. Sehingga data yang dikirim akan menjadi kurang akurat dan tidak sesuai dengan real time.

Tetapi sangat berbeda jika menggunakan GPS mobil yang dilengkapi GPRS. Semua data dan informasi bisa disampaikan dan diterima dengan akurat. 


Bahkan jika mobilnya lagi berpindah tempat, dapat diketahui pada saat itu juga. 

Jadi akan semakin mudah ditemukan karena posisi dan arah pergerakan dan perpindahannya bisa selalu diikuti.



Forum Komunikasi Lengkap GPS Tracker ada disini.

Salam Tracker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

info RAHASIA GPS .. Googling saja..

SOLUSI GPS HANDAL .. atau RAHASIA Pakar GPS

Jam Ding Dong ...

Mau Passive Income?

Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 250x250