GPS

Minggu, 15 Januari 2017

GPS

varian perangkat gps tracker mobil motor bis truk alat berat
Perangkat / Perabot GPS Tracker Kendaraan Roda 2 atau Lebih dan Alat Berat

Pengertian, Sistem Kerja GPS, dan Fungsinya

GPS atau Global Positioning System merupakan sebuah istilah yang mengandung arti sistem navigasi yang menggunakan satelit dengan tujuan memunculkan informasi dan posisi secara langsung di seluruh dunia. Sistem ini bisa bekerja dengan cepat dan tidak pernah terpengaruh oleh cuaca.

Sedangkan alat yang dipakai untuk mendapatkan sinyal dari satelit tersebut dinamakan GPS tracking atau GPS tracker. Melalui perangkat ini pemakai bisa mengetahui dan melacak suatu obyek misalnya kendaraan secara real time.

koneksi gps gsm dan gprs
Koneksi GPS GSM GPRS

Sistem Kerja GPS

Secara umum, sistem kerja pada Global Positioning System diawali dari satelit yang berada di luar angkasa. Satelit ini lalu memancarkan sinyalnya di bumi dan ditangkap GPS Tracker, kemudian ditampilkan hasilnya pada sebuah layar. Untuk melancarkan sistem kerja tersebut, setidaknya ada 3 unsur terpenting. Pertama yaitu bagian pengontrolan, bagian di angkasa dan yang ketiga adalah penggunanya sendiri.

Fungsi GPS

Salah satu badan yang sering memanfaatkan GPS, yaitu lembaga militer dengan tujuan utama untuk menjalankan sistem pertahanan suatu negara. Melalui teknologi tersebut, arah gerakan musuh bisa dipantau terutama ketika terjadi pertempuran. Selain itu, juga dapat dijadikan alat penuntun untuk menentukan target pengeboman dan sebagainya.

Bagi pengguna kendaraan, GPS mempunyai fungsi untuk membantu pengendara agar mampu mengemudikan kendaraan tersebut dengan nyaman. Contohnya untuk menentukan arah atau memilih jalan yang ingin dilalui ketika ingin menuju ke suatu lokasi.

Apabila ada pengendara atau pemilik kendaraan yang kehilangan alat transportasinya tersebut juga bisa menggunakan GPS untuk melakukan pelacakan dimana kendaraan itu berada. Pada umumnya sistem yang dipakai adalah mencari posisi koordinat melalui alat yang terpasang di kendaraan tersebut. Setelah itu, informasinya dapat diketahui melalui media smartphone atau perangkat lainnya.

Selanjutnya bagi yang terjun di dunia geografis, GPS dapat digunakan sebagai media pemberi informasi menurut tujuannya. Misalnya saat membuat peta, melakukan pengukuran terhadap batas suatu wilayah, mengukur atau mengetahui posisi tanah dan lainnya.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting, saat ini GPS juga seringkali dipakai untuk memantau gerakan tanah. Sehingga apabila terjadi bencana alam khususnya gempa bumi dapat diketahui secara lebih cepat. Jadi risiko terjadinya bencana tersebut bisa diminimalkan. 


Mari Bergabung dengan Halaman Facebook :
Lebih dalam tentang GPS Tracker dan Forum Tanya Jawab ada disini GPS Tracker Murah Pelacak dan Penyadap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

info RAHASIA GPS .. Googling saja..

SOLUSI GPS HANDAL .. atau RAHASIA Pakar GPS

Jam Ding Dong ...

Mau Passive Income?

Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 250x250